Menteri Rini Launching Kartu Tani

By Admin

Menteri BUMN Rini Soemarno 

nusakini.com - Sebagai wujud nyata sinergi antara PTPN dan Himbunan Bank-bank Milik Negara atau yang biasa di sebut Himbara (Mandiri, BNI dan BRI). Menteri BUMN Rini M Soemarno bersama sejumlah Direktur Utama BUMN melaunching Kartu Tani di PG Asembagoes Situbondo milik PT Perkebunan Nusantara XI, Rabu (16/11/2016) lalu.

Kehadiran Kartu ini mampu mengintegrasikan sistem untuk kepentingan petani untuk mengetahui data sektor pertanian mulai dari tanam, pemeliharaan, pasca panen, dan pembiayaan.

Usai di launching, Kartu Tani tersebut dibagikan secara serentak kepada ke 31 ribu petani di enam pabrik tebu (PG) Jawa Timur (PG Prajekan, PG Semboro, PG Jatiroto, PG Pagotan, PG Ngadirejo, PG Krebet).

Menteri BUMN Rini Soemarno dalam sambutannya mengatakan, Kedepan Kartu Tani ini akan digunakan sebagai database para petani sehingga petani dapat mengetahui kepastian ketersediaan sarana produksi pertanian (saprotan) bersubsidi/non-subsidi, termasuk distribusi pupuk.

“Untuk sementara, kartu ini masih difokuskan pada komoditas tebu atau petani tebu terlebih dahulu.Diharapkan dengan hadirnya Kartu Tani ini penyaluran subsidi akan tepat sasaran,” ujar Menteri Rini

Para Petani nantinya akan banyak mendapat kemudahan jika sudah menggunakan Kartu Tani ini, seperti mendapatkan akses pembiayaan dengan perbankan di bawah BUMN, mendapat kemudahan kredit murah melalui skema kredit usaha rakyat (KUR) dengan bunga terjangkau,. Selain itu, kartu ini juga dapat memfasilitasi kemudahan sertifikasi tanah melalui skema Prona dari Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Ini merupakan sejarah, dengan hadirnya Kartu Tani ini para petani sudah tidak lagi kesulitan, berbagai kemudahan akan didapat termasuk mendapatkan kemudahan subsidi dari program-program yang dijalankan Kementerian Keuangan, Kementerian Pertanian, Kementerian Koperasi dan UKM, serta Kementerian Sosial,” Tegas Menteri BUMN.(p/mk)